NEWS UPDATE :  

Berita

Selamat Datang di SMPN 7 Probolinggo

Spirit Maulid Nabi Muhammad 1445 H di SMP Negeri 7 Probolinggo; Meneladani Akhlak Nabi, Wujudkan Profil Pelajar Pancasila Hakiki

Sebagai umat Islam, bergembira dan bersyukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan hal yang luar biasa. Untuk itu, sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah dan mengharap syafa’at Nabi Muhammad SAW, maka peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad atau yang biasa dikenal dengan istilah Maulid Nabi ini pun banyak digelar di kalangan umat Islam. Pun demikian halnya di SMP Negeri 7 Probolinggo, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di tahun 1445 H / 2023 M ini digelar dengan cukup khidmat dan syahdu. Tidak hanya sekedar makan-makan dan membaca sholawat, peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan pada Rabu, 27 September 2023 di SMP Negeri 7 Probolinggo juga diiringi kegiatan literasi, bazaar dan pembagian grand prize dari produk fashion kenamaan; Rabbani.


 Diawali dengan kegiatan pembinaan dan jalin keakraban bersama wali kelas di dalam kelas masing-masing, siswa SMP Negeri 7 Probolinggo kemudian berkumpul bersama di halaman tengah sekolah. Sejumlah 600 lebih siswa dari kelas VII, VIII, IX berkumpul di halaman tengah untuk melaksanakan serangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi. Setelah pembacaan sholawat sebagai pra acara, kegiatan dilanjut dengan pembacaan Maulid Diba’ bersama-sama. Tampak antusiasme siswa, guru, dan warga sekolah dalam membaca lantunan Maulid Diba’ yang mengisahkan sejarah kelahiran serta kehidupan Nabi Muhammad SAW. Hal ini yang kemudian mampu menambah syahdu dan khidmat kegiatan peringatan Maulid.

Pembacaan sholawat Maulid Diba’; mahallul qiyam


Setelah pembacaan Maulid Diba’, lantas Kepala SMP Negeri 7 Probolinggo; Bpk. Sudarmanto, S.Pd., M.Pd menyampaikan sambutan dan nasihat kepada siswa. Disampaikan salah satu harapan beliau; siswa mampu meneladani akhlak Nabi Muhammad. Dengan meneladani akhlak Nabi secara kaffah, maka otomatis karakter Profil Pelajar Pancasila akan mewujud dalam diri siswa.

Kegiatan kemudian dilanjut dengan mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Ust, Abdul Harri, M.Pd. Dalam tausiyahnya, beliau menceritakan sejarah ringkas kelahiran Nabi Muhammad dan memaparkan tentang dua syafa’at yang mampu menyelamatkan umat Islam, yakni syafa’at Al Qur’an dan syafaat Rasul.

Disela-sela menyimak mauidhoh hasanah itu siswa berliterasi dengan menulis resume mauidhoh hasanah, yang nantinya hasil resume akan diseleksi untuk diambil yang terbaik dan menarik. Acara kemudian dilanjut dengan pembagian grand prize quizz yang disponsori oleh produk fashion Rabbani. Beberapa siswa berhasil menjawab pertanyaan dan mendapat hadiah dari produk fashion Rabbani. Tampak antusiasme siswa dalam menjawab ragam pertanyaan saat grand prize quizz berlangsung. Acara berlangsung dengan khidmat. Begitulah layaknya Spirit Maulid yang mampu menggerakkan umat untuk meneladani akhlak Nabi dalam kehidupan sehari-hari.