NEWS UPDATE :  

Berita

Selamat Datang di SMPN 7 Probolinggo

BAKTI SOSIAL PRAJAPITU WUJUD KEPEDULIAN SOSIAL KORBAN ERUPSI SEMERU

BAKTI SOSIAL PRAJAPITU WUJUD KEPEDULIAN SOSIAL KORBAN ERUPSI SEMERU

Oleh: Susi Irmayanti, S.Psi

SMP Negeri 7 Probolinggo merupakan salah satu sekolah Negeri di Kota Probolinggo yang memiliki siswa keseluruhan berjumlah 647 siswa,  pada tahun ajaran 2021-2022. Sekolah yang beralamat di Jalan Wali Kota Gatot ini memiliki sejumlah kegiatan Ektra-kulikuler, Palang Merah Remaja adalah salah satunya. Palang Merah Remaja yang biasa disingkat menjadi PMR, banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang sebagai wujud kepedulian pada lingkungan sekitar.

Berdasarkan Program kerja tahunan Palang Merah Remaja Unit SMP Negeri 7 Kota Probolinggo tahun 2021 2022 yang telah disusun pada bulan September, Pengurus dan anggota PMR di SMP Negeri 7 Probolinggo sepakat mengadakan kegiatan bakti social sebagai wujud kepedulian para kader PMR pada masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19 dan korban bencana erupsi gunung Semeru yang baru saja melanda Kabupaten Lumajang.

                 Berkaitan dengan hal ini maka Palang Merah Remaja SMP Negeri 7 Probolinggo perlu melaksanakan Bakti social pada masyarakat di sekitar SMP Negeri 7 berkaitan dengan Kepalangmerahan melalui kegiatan yang bertema: “Bakti Sosial Bagi Masyarakat terdampak Pandemi C-19 dan Korban Erupsi Gunung Semeru, Palang Merah Remaja Unit SMP Negeri 7 Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022.” Peserta merupakan pengurus dan anggota PMR SMP Negeri 7 Probolinggo.

                 Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu, tujuan secara umum yakni: menumbuhkan kepedulian social bagi Kader PMR.                                                                                                               Kegiatan ini cukup memiliki peranan dan manfaat yang besar dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip Kepalang-merahan seperti: berbakti kepada masyarakat; mempertinggi peningkatan jiwa kesukarelaan dan persaudaraan untuk saling menolong antar sesama manusia pada umumnya dan khususnya kader PMR.

Adapun manfaat yang dapat diambil antar lain:

1.      Membangun persamaan presepsi prinsip kepalang-merahan

2.      Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan diantara anggota

3.      Menanamkan kepedulian pada lingkungan sekitar

4.      Menumbuhkan kepekaan social

                 Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Desember 2022, yang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Hasil donasi yang diterima dari seluruh warga SMP Negeri 7 Probolinggo disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar sekolah, berupa paket sembako dan masker kesehatan. Donasi bagi warga korban Erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang disalurkan melalui PMI kota Probolinggo untuk diteruskan pada korban bencana.

                   Harapannya mudah-mudahan kegiatan: “Bakti Sosial Bagi Masyarakat terdampak Pandemi C-19 dan Korban Erupsi Gunung Semeru, Palang Merah Remaja Unit SMP Negeri 7 Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022, ini bermanfaat bagi peserta didik dalam perannya sebagai kader Palang Merah Remaja, baik dalam lingkup lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Dokumentasi berupa foto-foto kegiatan

PENDISTRIBUSIAN BANTUAN PAKET SEMBAKO DAN MASKER PADA WARGA SEKITAR




PENYERAHAN BANTUAN UNTUK KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU MELALUI PMI KOTA PROBOLINGGO