NEWS UPDATE :  

Berita

Selamat Datang di SMPN 7 Probolinggo

MENYAMBUT PAGI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 7 PROBOLINGGO

Dalam pembelajaran abad 21, guru dituntut untuk lebih kreatif . Pembelajaran abad 21 harus mencerminkan empat hal yaitu 4C, PPK, Literasi dan HOTS. Keempat pembelajaran tersebut tertuang secara implisit di rencana pembelajaran yang dibuat Bapak dan Ibu Guru. Selain tertuang dalam rencana pembelajaran, penguatan pendidikan karakter juga harus benar-benar diterapkan. SMP Negeri 7 Probolinggo yang merupakan sekolah rujukan, berusaha menumbuhkan karakter siswa - siswinya. Penumbuhan karakter ini pun dimulai dari masuk pintu gerbang pukul 06.00 WIB sampai dengan pulang sekolah pukul 13.30 WIB.

 

Penumbuhan karakter religius, sopan santun, dan kedisiplinan dapat ditumbuhkan melalui contoh yang dilakukan oleh Bapak Ibu guru SMP Negeri 7 Probolinggo setiap pagi, dengan terseyum,  mengucapkan salam, dan bersalaman . Hal ini karena ketika masuk ke Sekolah mereka sudah berbalas salam, bersalam dengan penuh sopan santun, dan tersenyum kepada Bapak dan Ibu guru yang menyambut mereka. Begitupun karakter kedisiplinan, akan tumbuh dan melekat kepada mereka karena setiap pagi Bapak Ibu Guru sudah memberikan perhatian khusus berupa pengecekan satu persatu anak yang tidak lengkap dalam memakai atribut sekolah ataupun dalam bersepatu.

Pendidikan karakter religius di SMP Negeri 7 Probolinggo terlihat juga pada kegiatan tahfidz. Dalam kegiatan tahfidz ini, diharapkan bisa mencetak lulusan SMP Negeri 7 Probolinggo yang hafal Juz AMMA/ Juz 30 yang ada di Al-Qur’an.

SMP Negeri 7 Probolinggo juga mempunyai program Sabtu Berseri. Kegitan ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap kesehatan jasmani. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menciptakan suasana belajar yang nyaman.

Sekolah yang berkarakter, sekolah adiwiyata, bersama kita bisa.